Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Seiring dengan perkembangan zaman maka kemajuan teknologipun semakin pesat. Salah satu teknologi yang banyak digandrungi masyarakat adalah gadget. Berbagai macam produk gadget bermunculan dipasaran dan produsen gadgetpun bersaing untuk membuat produk mereka laku dengan menawarkan fitur canggih pada gadget. Namun apabila penggunaan gadget secara berlebihan atau tidak terkontrol dapat menimbulkan kecanduan bagi penggunanya.

Terlebih lagi bagi anak-anak, dengan alasan sayang atau agar anak tidak rewel banyak orang tua yang memberikan gadget pada anaknya sejak usia dini. Baik untuk bermain game atau menonton video, hal ini menumbuhkan kecanduan dalam diri anak. Tidak sedikit anak-anak di bawah usia 3 tahun sudah menghabiskan waktu diatas 5 jam per hari bersama gagdetnya. Menurut situs New York Times, 70 % orang tua mengizinkan anak-anak mereka yang berusia 6 bulan-4 tahun bermain gadget ketika mereka sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, serta 65 % orang tua menyatakan untuk menenangkan si anak saat berada di tempat umum. Sebanyak 72 % anak usia 8 tahun ke bawah sudah menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iPod sejak 2013, di mana mayoritas usia 2 tahun lebih suka pakai tablet atau ponsel pintar tiap harinya. Angka yang cukup tinggi sekali bukan ?

Ciri-ciri anak kecanduan gadget:

  • Penggunaan gadget secara terus-menerus diiringi dengan berkurangnya minat untuk bersosialisasi.
  • Selalu meminta diberikan gadget  dan  jika tidak diberikan, anak akan mengamuk.
  • Tidak mau beraktivitas di luar rumah agar bisa bermain game di rumah.
  • Menolak melakukan rutinitas sehari-hari seperti tidak mau disuruh tidur atau mandi dan lebih memilih bermain gadget.

Banyak sekali dampak buruk dari kecanduan gagdet pada anak seperti menjadikan anak tidak bisa bersosialisasi dan malas untuk belajar, memperlambat perkembangan fisik dan mental anak. Dampak jangka panjangnya adalah akan membuat anak tumbuh dengan pribadi yang individualis dan egois. Prestasi anak bisa menurun karena terlalu asik main gadget dan enggan untuk belajar. Lebih parah lagi kecanduan gadget dapat membuat anak Anda kehilangan waktu tidur karena terlalu asik memainkan gadget. Dalam hal ini orang tua harus memberikan batasan dan kontrol penggunaan gadget pada anaknya. Dengan begitu maka si kecil tiak akan menjadi pecandu gadget. Bimbingan dan pengawasan dari orangtua memang menjadi salah satu faktor penting untuk menghindari dampak negatif tersebut.

Untuk itulah para orang tua semua, marilah jaga buah hati kita dari gagdet yang bisa merusak masa depannya ini.

Berikut adalah tips mengatasi kecanduan gadget pada anak

  • Menyiapkan Jadwal Rutin

Orang tua bisa memberikan jadwal waktu yang tepat untuk anak-anak bermain gadget. Misalkan, Anda hanya akan membiarkan mereka menyentuh dan bermain gadget diakhir pekan saat waktu libur. Sementara dari senin sampai sabtu, mereka hanya boleh menyentuhnya saat selesai belajar, itupun tidak melebihi waktu tidurnya. Menerapkan hal ini mungkin akan terasa berat, baik bagi Anda yang merasa tidak tega, ataupun untuk anak-anak. Namun lama-kelamaan anak akan mulai terbiasa dan kecanduan anak akan berkurang. Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

  • Biasakan Anak Melakukan Aktivitas Motorik

Untuk menarik perhatian agar anak bergerak, Anda bisa melibatkannya dalam memilih kegiatan fisik apa yang ingin dilakukannya. Misalnya setelah  sarapan biasakan meluangkan waktu untuk bermain diluar ruangan. Meskipun membutuhkan waktu namun kondisi ini akan membantu anak agar tidak ketergantungan pada gadget. Ada berbagai ide kreatif yang bisa Anda lakukan untuk si kecil, seperti berjalan,melompat, bermain bola,naik sepeda, mencari serangga atau bermain petak umpet dan aneka kegiatan fisik lainnya. Kebiasaan rutin ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas fisik dibanding melihat gadget. Hal yang lebih penting yakni membiarkan si kecil mendapatkan udara segar dan bergerak.

  • Sediakan waktu berkualitas tanpa gadget untuk bermain bersama anak

Jika ingin mengendalikan anak bermain gadget, cobalah kendalikan diri kita untuk tidak berlama-lama menyentuh gadget. Jangan hanya melarang saja, orang tua juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika di rumah, sebaiknya Anda jangan terlalu lama atau terlalu asik bermain gadget. Anak tidak hanya butuh nafkah materi saja, tetapi mereka juga membutuhkan kasih sayang, peluk cium dan kepedulian dari orang tuanya.

 

Demikian beberapa tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Perhatian dan memberikan penjelasan pada anak adalah kunci dari segalanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *